Sulsel.update24jam.id, Makassar - UIN Alauddin Online - Menutup kegiatan Pendampingan Self Assessment Questionnaire (SAQ) Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Zona 3, yang berlangsung di UIN Alauddin Makassar, Kepala Bagian Strategi Komunikasi dan Hubungan Kelembagaan Biro Humas dan Komunikasi Publik Kementerian Agama, Mohammad Khoeron, S.Ag., M.A., turut hadir menyampaikan sejumlah penguatan penting.
Ia menegaskan bahwa pelaksanaan SAQ bukan semata-mata untuk pemenuhan administrasi, melainkan sebagai bentuk dorongan bersama untuk mewujudkan budaya keterbukaan informasi di lingkungan Kementerian Agama.
“Kita bareng-bareng memperbaiki kampus kita, memperbaiki Kementerian Agama. Kita harus informatif. Tujuan dari SAQ ini adalah maju bersama,” ujar Khoeron, seraya menekankan pentingnya kolaborasi dan komitmen seluruh satuan kerja.
Dalam kesempatan tersebut, Khoeron juga memberikan apresiasi kepada para peserta yang telah mengikuti pendampingan dengan serius dan penuh antusias. Menurutnya, status “informatif” yang menjadi tujuan dari SAQ akan memiliki bobot signifikan ke depan, termasuk dalam proses akreditasi kelembagaan.
Menambahkan semangat penghargaan atas kerja keras satuan kerja di seluruh Indonesia, Khoeron mengumumkan bahwa di akhir tahun 2025, Kementerian Agama akan menggelar Inagurasi Keterbukaan Informasi Publik sebagai bentuk apresiasi terhadap satuan kerja yang telah mencapai status informatif.
“Saya hampir lupa satu hal penting. Nanti di akhir tahun, kita akan menyelenggarakan inagurasi keterbukaan informasi. Formatnya sedang kita pikirkan. Untuk pertama kalinya, yang akan diundang hanya pimpinan satuan/lembaga yang telah berstatus informatif, agar bisa langsung bertemu dan menerima plakat dari Bapak Menteri,” jelasnya.
Khoeron menekankan bahwa inagurasi ini merupakan bentuk perhatian nyata dari Kementerian Agama terhadap nilai-nilai transparansi dan pelayanan publik yang berkualitas. Ia berharap kegiatan ini dapat memicu semangat kompetitif yang sehat antar lembaga untuk terus memperbaiki sistem layanan informasi mereka.(*)
Widyawati MP
Social Header